Review Drone Sultan DJI Inspire 2 Belinya Seken Seharga 41jt-an

Assalamualaikum gaes! pada artikel saya yang ke dua ini saya akan mereview drone dari DJI yaitu Inspire 2, Drone ini digadang-gadang sebagai drone terbaik untuk segmen sinematik videography. Drone ini saya beli dari Tokopedia dalam keadaan seken alias sudah bukan barang baru lagi, dengan harga 41jt-an dimana saya udah dapat paket drone plus kamera gimbal Zenmuse x4.

Drone DJI Inspire 2 ini merupakan drone yang saya impi-impikan dari dulu dan baru kebeli kemaren, nah dengan harga 41jt dalam kondisi seken, apa aja sih yang bisa saya dapat dari sebuah drone DJI Inspire 2? dalam paket pengiriman dari kurir, saya mendapatkan drone Inspire 2 lengkap dengan 4 baterai seken, remote, koper inspire 2, kamera gimbal dan accessories wajib seperti charger, dll namun tanpa papan kalibrasi vision (sensor sensor kamera) dan kabel usb female to female (untuk menghubungkan drone dengan PC). Info lengkap mengenai apa yang bisa anda dapatkan jika membeli drone baru DJI Inspire 2 ada disini https://dl.djicdn.com/downloads/inspire_2/20170315/Inspire+2-In+the+Box.pdf

Review

Secara fisik drone ini mirip sekali dengan robot yang ada pada film-film fiksi ilmiah, contohnya Terminator, karena kakak saya juga megatakan hal demikian. Dron ini memiliki sayap yg terbuat dari serat karbon yang dapat terbuka keatas, lalu datar dan menutup ke bawah.

Dalam hal sensor DJI Inspire 2 memiliki beberapa sensor untuk mendeteksi keadaan lingkungan disekitar supaya si drone nya tidak menabrak dinding atau suatu benda. Diantaranya ada 2 sensor sonar yang berada di bawah , sensor ini untuk mengukur jarak drone dari permukaan tanah, lalu ada 2 buah sensor kamera yang terpasang di depan, lalu di bawah ada 2 buah sensor kamera dan ada 2 sensor kamera diatas drone.

Dari pengalaman yang saya ketika memakai, drone ini memiliki kecepantan yang luar biasa ketika di udara, dalam mode sport drone DJI Inspire 2 dapat terbang dengan kecepatan hingga 95KM/Jam waow!! dan ketika drone ini di dorong oleh angin dia bisa terbang lebih dari 100KM/Jam. Namun jujur agak ngeri menerbangan drone ini dengan ketinggian agak rendah karena takut kesenggol entah pohon, tiang bahkan ada juga isu drone Inspire 2 jatuh gara-gara di tabrak oleh burung.

Sebelumnya saya telah memiliki dron DJI Mavic 2 Pro (M2P) yang juga sama-sama drone yang bagus dikelasnya, namun DJI Inspire 2 tidak selincah M2P, munkin karena Inspire 2 lebih berat kali ya yaitu sekitar 3.2Kg Kemungkinan juga saya akan mereview drine DJI Mavic 2 Pro dan melakukan perbandingan antara Inspire 2 dan Mavic 2 Pro, yah walaupun kedua drone tersebut berada pada level yang berbeda.

Ngomong-ngomong soal sinyal, saya agak kecewa dengan yang satu ini karena DJI Inspire 2 mengusung teknologi lightbridge, dimana ada 2 mode yaitu mode FCC dan ECC dan di Indoensia drone ini menggunakan mode ECC yang membuat saya kesal karena dalam mode ini drone terbang tidak lebih dari 1KM. Sedangkan teknologi terbaru dair DJI pada waktu itu adalah teknologi Ocusync yang lebih canggih.

Kamera dan Gimbal

Port gimbal pada drone DJI Inspire 2 hanya kompatibel dengan 3 jenis kamera yaitu Zenmuse x4, Zenmuse x5s dan Zenmuse x7. Dari ketiga varian kamera diatas kamera Zenmuse x7 lah yang paling mahal dan memiliki sensor kamera paling tinggi dan ukuran sensornya 35mm, ia bisa merekam hingga resolusi 5K 30fps, namun varian lensa yang ada di pasaran sangat sedikit untuk kamera Zenmuse x7 dan semuanya tidak tersedia fitur power zoom atau auto optical zoom, jadi satu-satunya cara untuk zoom-in dengan kamera Zenmuse x7 adalah mendekatkan drone dengan object / mengganti lensa optic. Harga 1 set kamera Zenmuse x7 dan 4 lensa optic nya sekitar 71jt, mantap kan? bisa dapat 1 drone baru lagi wkwkwkkwk.

Karena uang saya pas-pasan dan dalam paket pembelian hanya dapat kamera Zenmuse x4 jadi saya memesan lagi kamera Zenmuse x5s seperti pada foto diatas. Kenapa saya membeli kamera Zenmuse z5x padahal bukannya sudah ada kamera Zenmuse x4 dalam paket pembelian? dan kenapa tidak sekalian beli yang Zenmuse x7? Hasil foto dari jepretan kamera Zenmuse x4 agak mengecewakan, tak lebih baik dari kualitas foto pada drone Mavice 2 Pro, lalu ketimbang Zenmuse x7 ketersediaan varian lensa untuk Zenmuse x5s lebih banyak dan diantaranya bahkan ada fitur power zoom / auto optical zoom selain itu dari sisi harga kamera x5s dihargai 21jt dan x7 seharga 70jt-an beda jauh dan saya sendiri juga bukan seorang videography, hanya hobi saja.

Pada drone DJI Inspire 2 juga ada 2 slot memory, yaitu 1 slot memory sdcard dan 1 slot ssd khusus. Drone ini suport memory sdcard hingga 128GB namun ketika saya pasang memory 512GB drone tetap bisa di operasikan dengan baik dan dapat menyimpan foto-foto yang saya jepret. sedangkan untuk ssd ia menggunakan ssd jenis cinessd dari DJI dan tidak bisa dipasang dengan ssd komputer, lalu ketika menggunakan jenis ssd ini anda juga harus membeli lisensi cinemaDNG atau AppleProRes yang jika ditotal harganya sekitar 15jt-an, tanpa lisensi ini ssd nya tidak akan berguna.

Kekurangan

Dari pengalaman saya ada beberapa kekurangan dari drone ini dan kebanyakan menyakut masalah sinyal. Akhir-akhir ini drone ini sering lost sinyal padahal jarak remot dengan drone tak lebih dari 100M bahkan terkadang jarak tak lebih 10M sinyanya hilang ketika sering saya gunakan. Pernah suatu ketika drone ini mendarat secara mendadak di atap rumah orang karena remot tidak bisa mengendalikan drone.

Kekurangan yang kedua adalah ketika baling-baling di pasang pada motor-motor drone, ada ronga antara baling-baling dan motor yang menybabkan baling-baling terasa tidak melekat kuat dengan drone, adna bisa memperbaiki ini dengan membeli aksesoris khusus. Saya kira itu saja sih ulasan saya kali ini tentang drone Inspire 2, dengan semua kelebihan dan kekurangan yang saya sebutkan apakah anda juga berniat membeli drone ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *