Review Mouse Keren MX Master 3 Dari Logitech Cocok Untuk Gamer, Designer dan Konten Kreator

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai gaes, kali ini saya akan mereview sebuah Mouse wireless keren, mouse yang saya review ini bukanlah mouse sembarang mouse melainkan mouse sultan dari Logitech dengan model MX Master 3 yang harganya sekitar hampir 3jt-an. Buat kalian yang biasa memakai mouse wireless yang harganya sekitar 60rb-an pasti penasaran, hal apa saja sih yang bisa didapat dari Mouse dengan harga yang jika dipikir-pikir bisa dapat 1 buah smartphone?.

Mouse dari Logitaech ini memiliki keunggulan yang paling mencolok yang ada di bagian scroll-nya, Logitech menyebutnya sebagai teknologi SmartShift. SmartShift pada mouse ini membuatnya enak untuk melakukan gulir ke atas dan ke bawah, ada dua mode smartshift yaitu FreeSpin dan Ratchet. Dalam mode freespin ketika anda melakukan scroling maka scroll akan berputar sangan mulus, menurut saya ini cocok bagi programmer yang akan membantu mereka untuk memperbaiki kode-kode yang jumlahnya udah ribuan baris, bahkan didalam deskripsi situs Logitech tertulis scroll 1000 alenia dalam 1 detik. Dan sedangkan dalam mode Ratched, ketika anda melakukan scrolling maka scroll akan terasa sedikit di rem sehingga akan terasa seret.

Dari segi desain Mouse ini menurut saya memiliki desain yang telah di upgrade dari pendahulunya. Pada tombol scrol vertical di moise MX Master 3 ini memiliki ukuran yang agak besar amun memiliki body yang agak lebih kecil dari mouse MX Master 2. Lalu 2 buah tombol next dan previouse terjejer dengan tampang lebih simetris sehingga enak untuk dilihat dan di tekan.

Konektifitas

Kita tau gadget jaman sekarang udah memakai USB Type-C, tak ketinggalan pada mouse ini ia juga telah di benamkan teknologi USB Type-C sehingga bisa memanfaatkan accessoris kabel USB Type-C dari gadget-gadget terbaru. Lalu dibagian Wireless nya telah tertanam Bluetooth rendah daya, pihak Logitech mengklaim bahwa dengan teknologi ini, Mouse MX Master 3 dapat digunakan hingga 70 hari non-stop dalam keadaan baterai telah terisi penuh, dan hanya butuh 3 jam untuk men-charger baterai hingga penuh.

Fitur Flow

MX Master 3 memiliki sebuah fitur yang disebut Flow, ini memungkinkan perangkat mouse ini untuk dapat terhubung dengan 3 Laptop sekaligus. Berganti-ganti perangkat tak perlu pairing berulang kali, cukup arahkan pointer ke perangkat ke 2 atau ke 3. Anda juga bisa melakukan copy paste text antar perangkat menggunakan fitur Flow ini.

Pada gambar diatas anda bisa melihat angka 1, 2 dan 3 yang digunakan sebagai indikator bahwa mouse sedang terhubung ke perangkat pada tertentu. Misalnya jika mouse terhubung dengan laptop 1 yang ditandai dengan indikator angka 1, maka lampu LED pada indikator nomor 1 pada mouse akan hidup.

Kesimpulan

Dibanding versi sebelumnya yaitu MX Master 2, Mouse MX Master 3 memiliki keunggulan diantaranya disain yang lebih ringkas sehingga muat di pakai pada orang dengan tangan yang agak kecil, lalu suara scrolling yang lebih di redam anda tidak akan mendengar suara krek ketika melakukan scroling. Selain itu dukungan port USB Type-C menandakan bahwa Mouse ini memang telah siap untuk ikut migrasi ke Type-C dan meninggalkan port mini USB.

Over-all saya yang notabene lebih banyak menghabiskan waktu untuk koding merasa cocok sekali menggunakan mouse ini karena copas kode program dari perangkat satu ke satunya lagi sangat mudah, yah kita tau sekarang kebanyakan untuk membuat skript lebih banyak copas di situs stackoverflow dari pada nulis sendiri. Selain itu fitur freespin benar-benar membantu dalam menjelajahi kode skript koding saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *